Pada tanggal 31 desember 2011, aku diajak tanteku ke Masjid Al-Hakim, Menteng.  Pukul 20.30 WIB, aku dijemput.  Sekitar jam 9, kami tiba di Menteng.  Sebelum ke Masjid, kami makan terlebih dahulu di dekat taman menteng.  Setelah itu kami langsung ke masjid.  Acara dimulai pukul 22.00 WIB.  Acara tersebut dimulai dari pembukaan MC, lalu berbalas pantun oleh ibu-ibu pengurus masjid Al-Hakim, lalu Nasyid dan diakhiri oleh ceramah ustad Ansufri Idrus Sambo. 
            Beliau membahas tentang hijrah.  Hijrah dapat dibagi menjadi 5, yaitu :
1. Hijrah amal
2. Hijrah lisan
3. Hijrah pikiran/akal
4. Hijrah perasaan
5. Hijrah hati (qolbu)
Tapi beliau disini akan membahas tentang hijrah lisan.  Banyak orang berkata, mulutmu, harimaumu.  Tepat sekali, karena kata-kata termasuk salah satu lubang yang membuat banyak orang masuk ke surga/neraka.  Ada 2 lubang yaitu mulut dan dubur. 
Kata-kata merupakan suatu do’a.  Maka karena itu berhati-hatilah dalam berkata-kata.  Dengan itu kita harus selalu berbicara positif.  Kata-kata juga mempengaruhi perbuatan/ amal kita.
5 Kekuatan kata-kata :
1. Kata-kata akan lebih kuat pengaruhnya apabila selalu diULANG-ULANG
2. Kata-kata agar lebih memiliki kekuatan yang hebat, keluarkan kata-kata tersebut dengan SERIUS
3. Kata-kata mempunyai pengaruh apabila kita MENGERTI artinya
4. Kata-kata makin besar pengaruhnya apabila DIHAYATI
5. Kata-kata yang kekuatan paling besar, ketika adanya KEYAKINAN ( Ada di surah 16: 99-100)
            Banyak contoh-contoh pengaruh dari kata-kata.  Misal ketika kita berucap “Aduh, hari ini aku sial banget!” (Dikarenakan kecopetan).  Apa yang terjadi, ya sadar atau tidak sadar hari itu selalu terjadi peristiwa yang tidak mengenakan.  Misal ketika seorang Ibu berkata kepada anaknya yang sedang memanjat pohon. “Nak, jangan manjat-manjat, nanti JATUH!”.  Lalu anak itu benar-benar jatuh.  Maka dari itu kita harus mengubah kata-kata kita menjadi kata-kata yang positif.
            Contoh yang pertama yang diubah dengan kata-kata yang positif.  “ Alhamdulillah, hanya dompetku yang hilang, dan aku masih sehat dan selamat.  Lalu kata-kata ketika mengingatkan orang lain untuk membawa sesuatu.
Kata-kata negative: Hei, besok jangan LUPA bawa bukuku ya!”
Kata-kata positif : Hei, besok INGAT bawa bukuku ya!”
Sebenaranya makna kata-kata tersebut sama yaitu untuk membawa bukunya yang dipinjam, tetapi pemilahan kata-kata yang dipakai sangatlah berpengaruh besar.  Itulah pengaruh dari kata-kata.
Luar biasa pengaruh dari kata-kata, amal-amal yang paling hebat pun berasal dari kata-kata yaitu shalat, zikir, dll.  Jadi, mulai sekarang pakqailah kata-kata yang positif/baik ketika berbicara.
Terima Kasih, semoga bermanfaat. Amin :)