Apa sih SWI itu ?
            SWI itu adalah sebuah singkatan dari Studi Wisata Islam.  SWI itu adalah salah satu acara dari UKM Fajrul Islam (FARIS).  SWI ini adalah salah satu program dari bidang kaderisasi di FARIS.
            Apa saja sih kegiatan di SWI itu ?
            Nah kegiatan di SWI itu meliputi outbound, tracking, mentoring, games, dll.  Kenapa aku mengulas tentang SWI, karena disini aku akan menulis pengalamanku ketika mengikuti kegiatan SWI, dimulai dari tanggal 23 maret dan terakhir tanggal 25 maret 2012.
            Hari jum’at tanggal 23 maret 2012 pukul 07.15 WIB, aku tiba di masjid kampus D.  Acara SWI dimulai pukul 09.00 WIB.  Sebelum pergi ke tempat tujuan yaitu di daerah puncak, terlebih dahulu ada rangkaian acara di masjid kampus D. Kita semua berangkat dari kampus D pukul 13.30 WIB tetapi aku jalan dari kampus sekitar pukul 14.40 WIB dikarenakan busnya sudah penuh.  Aku, Aqilah, Umi, Novi (Angkatan 2010), Kak Yuli dan Kak Tika menaiki bus yang sama sedangkan Rani, Sugi (Angkatan 2010), dan Kak Dinda menaiki bus dari Gundar.  Sedangkan Kak Acil, Kak Santi, Kak Nadia, Kak Maryamah, dan Kak Sundari menaiki kendaraan pribadinya Kak Acil.  Satu lagi yaitu Kak Lela, menaiki angkot 04.
            Urutan kendaraan yang jalan terlebih dahulu adalah angkot 04, Bus Gundar, Bus yang aku naiki, dan terakhir mobil kak acil.  Mobil Kak Acil biasanya tepat dibelakang bus yang aku tumpangi.  Dikarenakan hal itulah, aku kena teguran oleh orang yang naik di mobil kak acil.  Baru beberapa menit aku jalan, Novi menerima sms dari kak nadia. Yaitu isi smsnya adalah tolong bilangin Linda, anggota badannya jangan kelua-keluar.  Lalu tiba-tiba umi pun berkata hal yang sama.  Tak lama kemudian, hp-ku bergetar, ternya sms dari kak nadia juga.  Dan isinya pun sama persis dengan sms yang kak nadia berikan kepada Novi dan Umi.  Jadi, ketika di bus aku duduk di bangku paling belakang dan dekat jendela.
            Aku merasa lucu menerima sms seperti itu karena sms itu ditunjukkan kepadaku tapi formatannya tidak diganti sama sekali.  Lalu jam 4 kurang 10, bus yang aku tumpangi dan mobil kak acil berhenti di pom bensin daerah sentul, kami berhenti untuk melaksanakan shalat ashar terlebih dahulu.  Setelah selesai, kami pun meneruskan perjalanan.  Kami pun kena macet di daerah setelah jalan tol.  Lalu aku menengok ke belakang, apakah mobil kak acil tepat di belakang bus, ternyata ia.  Pada saat itu kami bercanda dengan memamerkan makanan-makanan yang kami miliki.  Ternyata makanan mereka lebih banyak.  Ketika kami masih di daerah pasar, bus yang Gundar sudah sampai sekitar setengah 5an.   Kami pun tiba di tempat tujuan sekitar setengah 6.
            Pembagian kamar yaitu kelompok aqilah dan para panitia satu rumah.  Lalu disusul ikhwannya dalam satu rumah, dua tingkat.  Kemudia satu rumah lagi untuk 4 kelompok.  Masing-masing kelompok biasanya terdiri dari 6-8 orang.  Kemudian kami bersih-bersih setelah itu shalat maghrib berjamaah.  Setelah selesai shalat berjamaah, semua kembali ke tempat masing-masing, lalu membaca al-matsurat bersama-sama.  Tibalah waktunya untuk makan malam, perwakilan kelompok mengambil makanan di dapur yaitu tempatnya di rumah yang ada panitianya.  Makanan disini satu nampan untuk satu kelompok.  Hal ini dimaksudkan agar dalam satu kelompok itu menjadi kompak, dekat dan bisa mengerti satu sama lain.
            Azan pun berkumandang, waktunya untuk shalat isya.  Setelah shalat isya, jam 8 ada materi yaitu “Training Motivasi”.  Materi ini selesai jam setengah 11.  Setelah itu peserta kembali ke kamar masing-masing untuk persiapan tidur.  Peserta nantinya akan dibangukan untuk shalat tahajud berjamaah.  Sekitar jam 3 lewat, para peserta dibangunkan untuk bersiap-siap shalat tahajud.  Setelah itu dilanjutkan shalat subuh, setelah itu membaca al-matsurat.  Lalu karena kemarin adalah perjalanan yang panjang, mereka pun dibolehkan untuk tidur lagi karena acara selanjutnya membutuhkan stamina yang baik .